Berita Detik

Teknik Menjilid Buku dengan Cara Spiral Binding

Spiral binding atau jilid spiral adalah salah satu teknik penjilidan yang membuat buku jadi kelihatan lebih bagus, rapi dan memberi kesan eksklusif. Selain itu dengan jilid spiral, proses membuka lembaran isi buku juga jadi lebih mudah, karena spiral itu berfungsi sebagai engsel. Sehingga, meskipun buku isinya tebal, tetap mudah dan rata ketika dibuka di meja.

Buku yang menggunakan jilid spiral antara lain yaitu buku menu, buku sekolah, buku gambar, agenda, kalender, bahan presentasi dsb.

Alat dan bahan yang diperlukan antara lain :


  1. Mesin jilid spiral
  2. OFFISTAR WM-31TOPAS TD-2027 B27 R
  3. Spiral kawat ataupun plastik
Mesin jilid spiral bisa berfungsi ganda yaitu sebagai pembolong kertas dan juga penjepit spiral agar bisa terpasang di punggung buku yang sudah dilubangi. Contoh mesin jilid spiral yang seperti itu adalah OFFISTAR WM-31 dan  TOPAS TD-2027 B27 R

Bagaimana caranya mengerjakan Spiral Binding?



4 Langkah mengerjakan Spiral Binding :
  1. Pertama lubangi sisi buku yang akan dispiral. Tentunya setelah sebelumnya buku dipotong/disisir dahulu semua sisinya (atas, bawah, kiri, kanan) sehingga mendapatkan ukuran yang diinginkan. Tetapi jika sisi buku sudah cukup rata dan ukuran sudah sesuai, proses penyisiran tidak diperlukan. Proses melubangi menggunakan mesin spiral.
  2. Kemudian, siapkan spiral dan potong sesuai ukuran bukunya menggunakan gunting kawat.
  3. Setelah spiral siap maka masukkan spiral tersebut ke punggun buku yang sudah dilubangi. Proses ini dilakukan secara manual.
  4. Setelah spiral masuk ke lubang buku semuanya, maka kencangkan jepitan spiral yang sudah terpasang di punggung buku dengan alat penjepit yang tersedia di mesin jilid spiral. Biasanya penjepit adanya di bagian belakang mesin spiral.

Demikianlah langkah-langkah menjilid buku dengan teknik jilid spiral.  Semoga bermanfaat.
sumber : http://www.infopercetakan.com/2011/05/how-to-bind-books-with-spiral-bindings.html

0 Response to "Teknik Menjilid Buku dengan Cara Spiral Binding "

Posting Komentar